DISTRIBUTOR PUSAT NASA BANDUNG

CARA MENINGKATKAN HASIL PANEN BUAH MANGGA MENNGUNAKAN PUPUK NASA

CARA MENINGKATKAN HASIL PANEN BUAH MANGGA MENNGUNAKAN PUPUK NASA
SUKSES PANEN BUAH MANGGA



BUAH MANGGA
Buah mangga adalah salah satu tanaman buah buahanyang hidup subur di bumi indonesia, berbagai macam olahan dari mangga pun menjadi olahan faforit yang banyak diminati.Mulai dari manisan sampai rujak tentunya tidak asing lagi bagi para pemirsah indonesia.

Namun sayangnya produksi buah mangga di indonesia terbilang masih terbatas dengan variates buah mangga itu sendiri,,
Pada kesempatan kali ini saya membawa kabar baik untuk pembudidaya atau petanin
buah mangga agar buah mangga dapat bekrmbang dan tumbuh dengan baik, hasil panen melimpah tidak mudah rontok, busuk dan kualitasnya bagus.

Produk yang akan kami kenalkan sekaligus tawarkan adalah PUPUK ORGANIK NASA, Pupuk organik nasa merupakan pupuk organik yang terbuat dari bahan bahan alami pilihan yang memiliki misi untuk membantu para petani indonesia dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi tani mereka

PUPUK NASA YANG COCOK UNTUK BUAH MANGGA 
SUPERNASA
POWER NUTRITION
POC NASA
HORMONIK

Tanaman mangga tumbuh baik pada ketinggian 50-300 m dpl pada lapisan tanah tebal dan struktur tanah rendah dan berbukit bukit
 Variates yang bernilai jual tinggi antara lain gadung 21 atau arumanis 143. Variates lainya adalah manalagi 69, Lalijiwo, Chokanan dan Golek 31

PERSIAPAN LAHAN 
Lubang tanam dibuat 1-2 bulan sebelum tanam dengan ukuran 1m x 1m dan jarak tanam 6m x 8m. Dua minggu sebelum pelaksanaan tanam, tanah galian di masukan kembali ke dalam lubang tanam campur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 akan lebih optimal siram SUPERNASA (0,5 sdm/5 lt air/pohon)

PENANAMAN 
Penanaman di awal musim hujan, sebelum bibit di tanam kantong plastik di lepas. Kedalam tanah 15-20 cm di atas leher akar dantanah di sekitar tanaman di tekan ke arah tanaman agar tidak roboh. Tanaman diberi naungan dengan posisi miring ke barat dan selatan nya di kurangi sedikit demi sedikit.

PEMUPUKAN 
Pupuk Kandang (PK) Diberikan 1 kali pada awal musim hujan. Caranya dibenamkan di sekitar pohon selebar tajuk tanaman atau menggali lubang pada sisi tanaman. Mangga umur 1-5 tahun diberi 30 kg PK, umur 6-15 tahun diberi 60 kp PK. Akan lebih optimal jika ditambahkan SUPERNASA atau jika pupuk kandang sulit di dapat gunakan SUPERNASA dengan dosis :
Alternatif 1 : 1/2 sendok makan / 5lt air, per tanaman
Alternatif 2 : 1 botol supernasa encerkan dalam 2 lt air jadikan larutan induk. Kemudian setiap 1 lt air diberi 20 ml larutan induk tadi untuk menyiram per pohon.
>>Pemberian SUPERNASA selanjutnya dapat diberikan setiap 3-4 bulan sekali
Penyemprotan POC NASA (4-5 ttp) + HORMONIK ( 1 ttp ) per tangki setiap 1-3 bulan sekali
>>Pupuk NPK 2 kali setahun di awal ( November-desember ) dan akhir musim hujan ( April-Mei) dosis sebagai berikut :


PEMANGKASAN 

Pangkas Bentuk ( 3 tahap)
Tahap 1 : Umur 1 tahun setelah tanam pada musim hujan dengan memotong batang setinggi 50-60 cm dari permukaan tanah dan pemotongan di atas bidang sambungan. Darib cabang yang tumbuh di pelihara 3 caabang yang arahnya menyebar

Tahap 11 : Pemangkasan di lakukan pada ketiga cabang yang tumbuh tersebut setelah berumur 2tahun, caranya menyisakan 1-2 ruas/pupus. Tunas yang tumbuh pada masing masing cabang dipelihara 3 tunas. Jika lebih di buang. Tahapan pemangkasan tersebut akan di peroleh dengan rumus cabang 1-3-9

Tahap 111 : umur 3 tahun, cara sama sepertitahap 11, teapi tunas yang tumbuh dipelihara semua untuk di produksi.

PANGKAS PRODUKSI 

Pemangkasan ini untuk memelihara tanaman dengan memotong cabang mati/kering, cabang yang tumbuh ke dalam danke bawah serta cabang air yaitu cabang muda yang tidak akan menghasilkan buah. Pemangkasan produksi dilaksanakan segera setelah panen.

PENDANGIRAN 

Dilakukan 2 kali dalam setahun pada awal dan akhir musim hujan, dengan membalik tanah ( Pembubuhan ) di sekitar kaca tanaman agar potongan ada dalam tanah mati

MULCHING ( MULSA ) 
Pemberian mulsa di akhir musim hujan, menggunakan jerami/sisa sisa bekas pangkasan/tanaman sela.

PENGENDALIAN GULMA 

Pengendalian gulma dilakukan minimal 3 kali setahun

INDUKSI BUNGA 
Untuk merangsang pembungaan di gunakan Pupuk Organik padat SUPERNASA dengan dosi 1-2 sendok/pohon di campur 10 liter air disiramkan secara merata dibawah kanopi pohon setelah pupuk kedua ( Februari-Maret) dan disemprot POC NASA (3-4 ttp/tangki ) + HORMONIK (1 ttp ) per tangki

PENGELOLAAN BUNGA DAN BUAH 
Pengelolaan bunga dan buah di lakukan 4 kali, paada saat bud break, bud elongation, mango size
( kacang hijau ) dan marble size ( jagung ) pupuk yang digunakan :

1.Monokalsium Phospat ( MKP) diberikan sebelum muncul tunas baru atau bud break dan pasa saat bud break atau bud elongation ( Dosis 2,5 gr/liter )
2.POC NASA diberikan saat bud break, bud elongation ( Dosis 4-5 tutup/tangki)
3.POC NASA (3-4 tutup) + HORMONIK ( 1 ttp ) per tangki diberikan pada saat mango size danmarble size

Untuk meningkatkan pembuahan, mengurangi kerontokan bunga dan buah. gunakan POWER NUTRITION yang di formulasikan secara khusus untuk merangsang pertumbuhan bunga dan meningkatkan pembuhan. Cara aplikasinya adalah : Larutkan 3 sendokn makan POWER NUTRITION ke dalam 10 liter air. Siramkan merata pada perakaran di sekitar batang pada pagi atau sore hari. Agar peresapan nutrisi menjadi optimal bisa di tambahkan AERO 810 dalam larutan POWER NUTRITION tadi.

HAMA DAN PENYAKIT 

a. Tip Borer
Ulat ini menggerek pucuk yang masih muda ( Flush ) dan mulai bunga denganmengebor/' menggerek tunas ataumalai menuju ke bawah. Tunas daun atau malai bunga menjadi layu, kering akibatnya rusak dan transpotrasi unsur hata terhenti kemudian mati.
Pengendalian : Cabang, tunas terinfeksi dipotong lalu di bakar, pendangiran untuk mnematikan pupa, penyemprotan dengan PESTONA

b.Thrips 
Hama ini sering disebut thrips bergaris merah karena pada segment perut yang pertama terdapat suatu garis merah.Hama ini selain menyerang daun muda juga bunga dengan menusuk dan menghisap cairan dari epidemis daun dan buah. Tempat tusukan bisa menjadi sumber penyakit. Daun kelihatan seperti terbakar, warna coklat dan menggelinting. Apabila bunga di ketok ketok dengan tanagn dan bawahnya ditaruh alas dengan kertas putih akan terlihat banyak thrips yang jatuh.
Pengendalian : Tunas muda terserang di potong lalu di bakar, lengkap dengan pelengkap warna kuning, pemangkasan teratur, penyemprotan dengan BVR atau PESTONA.

c.Ulat Phylotroctis sp.
Warna sedikit coklat ( Beda dengan clumetia sp. yang warnanya hijau) sering menggerek pangkal calon malai bunga . Telur Phylotroctis sp. menetasdan sewasa menyerang tangkai buah muda ( Pentil ). Buah muda gugur karean lapisan absisi pada tangkai buah bernaanah kehitaman. Aktif pada malam hari. Pengendalian dengan PESTONA.



Jadi demikianlah informasi baik yang dapat saya bagikan..
SEMOGA BERMANFAAT 


INFO LEBIH LANJUT
SILAHKAN HUBUNGI
NAMA : SITI FATMATUS SYAROFAH
KODE STOKIS: D.1737
TELEPONE\WA: 0822-2000-5350

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENINGKATKAN HASIL PANEN BUAH MANGGA MENNGUNAKAN PUPUK NASA "

Posting Komentar