DISTRIBUTOR PUSAT NASA BANDUNG

CARA MENGATASI PENYAKIT KARAT TANAMAN KOPI

CARA MENGATASI PENYAKIT KARAT DAUN TANAMAN KOPI

Dalam usaha budidaya tanaman kopi, penyakit karat daun adalah salah satu penyakit penting yang menjadi perhatian sangat serius bagi para peneliti dan petani. Penyakit karat daun dianggap penting karena di beberapa daerah, penyakit ini dapat menurunkan produktivitas tanaman hingga 20 %. Penyakit yang disebabkan oleh parasitisme cendawan Hemileia vastatrix pada daun ini sangat mengganggu metabolisme tanaman dalam menyediakan fotosintat yang optimal melalui pengrusakan daun.


Penyakit karat daun sangat sering menyerang tanaman kopi terutama kopi arabika yang ditanam di daerah dataran rendah, serangan penyakit karat daun kopi bukan hanya menyerang di lahan produksi, melainkan juga dapat menjangkit tanaman-tanaman yang masih dalam fase pembibitan. Penyakit karat daun kopi sering menyebabkan kerontokan daun hingga kegundulan pada tanaman - tanaman yang berasal dari varietas atau klon yang resisten. Berikut ini gejala serangan dan teknik pengendalian dari penyakit karat daun kopi.

Gejala Serangan Penyakit Karat Tanaman Kopi

Serangan penyakit karat daun dapat menjangkit diidentifikasi melalui beberapa gejala yang sebelumnya muncul dan dapat pada tanaman. Beberapa gejala tersebut antara lain:


  1. Pada tahap awal serangan, terdapat beberapa bercak pasda helaian daun yang menghadap ke bawah. Bercak tersebut awalnya berwarna kuning muda dan lama kelamaan berubah menjadi kuning tua.
  2. Bercak ini mula-mula berbentuk bulatan kecil dengan diameter < 0,5 cm dan terus tumbuh membesar hingga diameter > 5 cm
  3. Bercak yang tadinya berwarna kuning tua lama ke laman menjadi coklat dan akhirnya mengering
  4. Pada berbagai stadium serangan, bercak daun dapat dilihat dari daun bagian atas namun untuk tepung yang berwarna orange jingga yang melingkupi bercak tersebut hanya dapat dilihat dari helaian daun yang menghadap ke bawah
  5. Serangan tingkat lanjut dari penyakit ini dapat menyebabkan daun berguguran sebelum waktunya, tanaman gundul dan akhirnya mati.
Teknik Pengendalian Penyakit karat Tanaman Kopi

Serangan penyakit karat daun yang sangat merugikan bagi usaha budidaya tanaman kopi harus segera dikendalikan agar tidak menimbulkan kerugian yang jauh lebih besar. Pengendalian penyakit karat daun dapat dilakukan melalui konsep pengendalian hama penyakit terpadu (PHT) melalui cara pengendalian kultur teknis dan pengendalian kimiawi.

NATURAL PENTANA

Natural Pentana merupakan salah satu alternatif pengendalian hama khususnya Thrips sp, Aphis sp, kutu-kutuan (kutu kebul, kutu putih, dll) yang efektif, efisien dan ramah lingkungan. dibuat dari saripati dibeberapa tumbuhan khusus dengan proses alami.

Keunggulan Natural PENTANA :

1. merupakan pengendali hama organik
2. mengendalikan hama sasaran secara cepat
3. mudah diaplikasikan dilapangan
4. tidak membunuh musuh alami
5. tidak mencemari lingkungan
6. mudah terurai (biodegradable)

CARA PAKAI :
Campurkan 15-45 cc NATURAL PENTANA + 5-10 cc AERO 810 + sedikit air dalam wadah, aduk rata lalu tuangkan ke tangki semprot dan tambah air hingga penuh.


INFO LEBIH LANJUT
SILAHKAN HUBUNGI
NAMA : SITI FATMATUS SYAROFAH
KODE STOKIS: D.1737
TELEPONE\WA: 0822-2000-5350

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGATASI PENYAKIT KARAT TANAMAN KOPI"

Posting Komentar