DISTRIBUTOR PUSAT NASA BANDUNG

FUNGSI DAN KEUNGGULAN PESTISIDA ALAM

FUNGSI PESTISIDA ALAMI

A. Fungsi Pestisida Alami

Berbeda dengan pestisida sintestis, insektisida alami (insektisida botani) umumnya memang tidak dapat langsung mematikan serangga yang di semprot.
Pada umumnya insektisida alami ini berfungsi sebagai berikut :

1. Repelen yakni penolak kehadiran serangga, terutama disebabkan baunya yang menyengat.
2. Antifidan yang mencegah serangga memakan tanaman yang telah disemprot, terutama disebabakan rasanya yang pahit.
3.Mencegah serangga meletakan telur dan menghentikan proses penetasan telur.
4.Racun syaraf.
5. Mengacaukan sistem hormon di dalam tubuh serangga.
6. Beberapa bahan aktif jenis pestisida alami dapat berperan mengendalikan pertumbuhan jamur (fungsida) dan bakteri (bakterisida) perusak tnaman.

B. Kelebihan dan Kekurangan 

Pestisida alami mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan pestisida sintentis. Setiap orang yang akan memakai pestisida ini sebaiknya mengetahui dengan baik kelebihan dan kekurangannya itu, sehingga dapat memanfatkan pestisida alami ini secara maksimal.

Kelebihan pestisida alami (pestisida botani) sbb :
1. Degradasi atau penguraian yang cepa. Pestisida alami ini cepat terurai oleh sinar matahari, udara, kelembaban dan komponen alam lainnya. Sehingga mengurangi resiko pencemaran tanah dan air, dengan demikian pestisida alami ini masih bisa disemprotkan beberapa hari sebelum pemanenan tanpa perlu khwatir bahan makanan yang dipanen tercemar residu pestisida.

2. Pestisida alami (pestisida botani) ini mempunayai aksi yang tegolong cepat. Umumnya pestisida alami ini bekerja cepat dalam menghentikan nafsu makan OPT atau mencegah OPT merusak lebih banyak, walaupun jarang menyebabkan kematian segera pada serangga.

3. Toksisitas ( daya racun) umumnya rendah terhadap mamalia, sehingga relatif lebih aman terhadap manusia dan hewan ternak. Karena sifatnya ini, pestisida alami (pestisida botani) sangat lazim dipakai untuk mengendalikan hama di gudang penyimpanan biji bijian dan bahan makanan.

4. Selektifitas tinggi, pestisida alami merupakan pestisida yang memiliki spektrum pengendaliaan yang luas. Dengan kata lain dapat mengendalikan berbagai jenis OPT, namun karena racun yang dihasilkan sangat cepat terurai dan sebagaian besar merupakan racun lambung dan syaraf pengaruh pestisida alami ini dilapangan hanya terlihat pada serangga perusak tanaman. terhadap organisme yang menguntungkan dampaknya sangat kecil. Sehingga pestisida alami di lapangan di golongkan bersifat lebih selektif.

5. Cara kerja yang berbeda dengan pestisida sintetis, menyebabkan pestisida alami dapat diandalkan untuk mengatasi OPT yang telah kebal teradap pestisida sintetis.
6.Phitotoksitas rendah, umumnya pestisida alami (botani) tidak meracuni dan tidak merusak tanaman.


C. Kelemahan dan hal yang perlu dilakukan untuk mengatasinya :

1. Untuk menghindari pencemaran lingkungan, sangat diinginkan pestisida yang terurai cepat hilang dianggap kurang efektif. karena sangat cepat terurai, aplikasi pestisida alami ini menuntut ketepatan waktu dan mungkin dilakukan dengan lebih sering.

2. Walaupun toksisitasnya lebih rendah dibandingkan dengan pestisida sintetis, pestisida alami tetap harus ditangani dengan berhati-hatim, karena racun hanya berguna jika dipakai dan di kelola dengan benar. Beberapa bahan aktif jenis pestisida bahan alami ini bahkan lebih beracun dibandingkan dengan pestisida sintetis.

3. Kekurangan publikasi dan data data penunjang tentang keampuhan pestisida alami ini. Hal ini dapat dimaklumi karena kecenderungan pemakainya pun masih baru. Hal ini menyebabkan pestisida ini masih belum banyak di kenal dan sulit diterima oleh pengelola usaha pertanian. saat ini petani masih menginginkan pestisida yang pengaruhnya seger terlihat mematikan OPT, sedangakan umumnya pengaruh pestisida alami baru terlihat setelah berhari hari, bahkan berminggu minggu kemudian.
INFO LEBIH LANJUT
SILAHKAN HUBUNGI
NAMA : SITI FATMATUS SYAROFAH
KODE STOKIS: D.1737
TELEPONE\WA: 0822-2000-5350

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FUNGSI DAN KEUNGGULAN PESTISIDA ALAM"

Posting Komentar