DISTRIBUTOR PUSAT NASA BANDUNG

CARA MENGENDALIKAN GULMA PADA TANAMAN SAWIT


CARA MENGATASI GULMA PADA KELAPA SAWIT

PENDAHULUAN

Tanaman kelapa sawit mulai berbunga pada umur 12 - 14 bulan dan panen yang menguntungkan secara ekonomis adalah pada saat tanaman beumur 2,5 tahun. Bunga jantan dan bunga betina muncul pada setiap ketiak pelepah daun dan bagian bunga ini akan gugur sebelum atau sesudah anthesis.

Tanaman kelapa sawit akan berproduksi optimal apabila di pelihara dengan baik. Pemeliharaan pada Tanaman Menghasilkan (TM) meliputi pengendalian gulma, penunasan pelepah, pengendalian hama dan penyakit, pengawetan tanah air, pemupukan, serta pemeliharaan jalan.

PENGENDALIAN GULMA

Gulma merupakan pesaing bagi tanaman kelapa sawit dalam penyerapan unsur hara, air, dan cahaya matahari. Areal yang didominasi oleh gulma yang berbahaya atau pesaing berat seperti sembung rambat (Mikania micrantha), alang-alang (Imperata cylindrica), dan Asystasia coromandeliana dapat menurunkan produksi sampai 20%.

Pengendalian gulma perlu dilaksanakan di piringan pohon, jalan pikul dan di gawangan. Pengendalian gulma dipiringan pohon bertujuan untuk memudahkan dalam pengutipan brondolan dan meningkatkan efektivitas pemupukan. Pengendalian gulma di jalan pikul bertujuan agar mudah dilalui oleh pekerja, sedangkan pengendalian gulma di gawangan bertujuan untuk mengurangi persaingan terhadap penyerapan air, unsur hara, hingga tuntas dan ada yang cukup dikendaliakan saja.

Pengendalian gulma dipiringan pohon, jalan pikul dan gawangan umumnya menggunakan alatb semprot (knapsack sprayer).


PENGENDALIAN GULMA DI PIRINGAN


Piringan pohon harus bebas dari gulma dengan jadwal pengendaliannya disesuaikan dengan program pemupukan. Pengendalian gulma yang tidak tepat waktu atau terlambat dapat menunda waktu pemupukan, sehingga efektivitas pemupukan menurun.

Pengendalian gulma di piringan pohon dapat dilakukan secara manual atau kimia dengan rotasi berturut-turut 1 atau 3 bulan. Pengendalian secara kimia dapat menggunakan Glyposate atau Paraquat. Selanjutnya dapat dilakukan secara kombinasi antara manual dan kimia yaitu 3 kali secara kimia dan 3 kali secara manual. Dengan diameter piringan antara 3,0 - 4,8 m, pemupukan pupuk dapat terlaksana dengan baik.

PENGENDALIAN GULMA DI JALAN PIKUL

Pada areal yang datar pengendalian gulma di jalan pikul dapat dilakukan dengan cara kimia atau manual (dibabat), sedangkan pada areal berombak-berbukit dengan dibabat. Pengendalian gulma dengan dibabat pada areal berombak-berbukit bertujuan untuk mengurangi erosi permukaan. Jalan pikul tidak perlu lebar cukup 1 m. Pengendalian gulma di jalan pikul kimia dilakukan dengan rotasi setiap 3 bulan sedangakan secara manual sebulan sekali. Pengendalian secara kimia dapat digunakan menggunakan Glyposate dan Paraquat.

PENGENDALIAN GULMA DI GAWANGAN 

Gawangan adalah areal yang terletak diantara tanaman kecuali piringan pohon. Jenis gulma di gawangan yang perlu diberantas hingga tuntas adalah jenis tanaman yang merupakan pesaing berat pertumbuhan kelapa sawit antara lain alang-alang (Imperata cylindrica) sembung rambat (Mikania micrantha), pakis kawat (Dicranopetris Linearis), putihan (Chromolaena Odorata), tembelek (Lantana Camara), senduduk (Melastoma malabatricum), dan harendong (Celidemia hirta).

Jenis gulma yang perlu dikendalikan adalah tanman yang merupakan pesaing ringan pertumbuhan kelapa  sawit antara lain pakis kadal (Nephrolepis biserata), paitan (Paspalum conjugatum), dan babadotan (Ageratum conyzoides). Pengendalian gulma lunka di gawangan dilaksanakan dengan rotasi setiap 3 bulan (dibabat). Pengendalian anakan kayu dilakukan dengan cara mendongkel hingga ke akarnya dengan rotasi 6 bulan. Pengendalian alang-alang dilakukan dengan cara wiping menggunakan Glyposate.

Skian artikel ini saya buat semoga bermanfaat..
dan jangan sampai dilewatkan artikel lain yang menyangkut budidaya tanaman dengan teknologi Pupuk Nasa Organik.                  INFO LEBIH LANJUT
SILAHKAN HUBUNGI
NAMA : SITI FATMATUS SYAROFAH
KODE STOKIS: D.1737
TELEPONE\WA: 0822-2000-5350

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGENDALIKAN GULMA PADA TANAMAN SAWIT"

Posting Komentar