DISTRIBUTOR PUSAT NASA BANDUNG

CARA BUDIDAYA VANILI SUKSES JUTAAN RUPIAh

CARA BUDIDAYA VANILI SUKSES JUTAAN RUPIAH

Cara budidaya Vanili Sukses Jutaan Rupiah : Variates yang satu ini mungkin belum begitu banyak diketahui oleh kalangan para petani tradisional. Vanili adalah sebuah varietas yang sejenis dengan bunga anggrek yang hidup dengan menjalar pada sebuah batang atau tiang yang ada didekatnya. Vanili saat ini sudah banyak dikembangkan oleh para petani modern dengan cara dan trik yang lebih canggih (moderen).

Vanili yang biasa kita kenal biasanya sudah dalam bentuk serbuk putih yang bisa digunakan sebagai pengharum, makanan, seperti kue atau cake. bentuk sebelum jadi nampak pada gambar di bawah ini namun jika sudah di ekstrak akan dikemas dalam bentuk yang berbeda, seperti yang bisa kita kenal dan kita beli diwarung atau supermarket.




Cara Budidaya Vanili

Banyak cara budidaya Vanili diterapkan oleh para petani vanili. mulai yang masih tradisional hingga sudah menggunakan teknologi moderen. Jika kita budidaya vanili dengan cara tradisional tentu membutuhkan lahan yang relatif cukup luas,namun kita jika mau membudidayakan dengan cara moderen tentu akan berbeda. Lahan tak harus lebar dan tentu agak sedikit banyak biayanya.

Walau sedikit mahal dalam menjalankan budidaya vanili ini dengan sistem moderen, ditopang dengan harga vanili yang cukup fantastis mampu menutupi biaya penanaman sehingga masih mendapatkan keuntungan jutaan rupiah.

Cara Budidaya Vanili Secara Tradisional 

Cara ini tentunya yang pertama dibutuhkan adalah lahan yang cukup luas. misalnya setengah hektar atau bisa jadi satu atau dua hektar. mengapa hal ini harus memerlukan lahan yang cukup luas karena budidaya vanili dengan sistem atau cara tradisional sangat mengendalikan alam sehingga butuh ruang yang luas karena jarak tanam yang mesti lebar.


jarak tanam yang ideal untuk budidaya vanili secara tradisional adalah satu sampai dua meter per segi, karena tanaman vanili dalam ruang bebas juga membutuhkan tanaman pelindung agar cepat dalam masa pertumbuhan sehingga butuh ruang yang luas, untuk tahap awal dalam metode ini yang sangat perlu disiapkan adalah tajar (tiang untuk tumbuh kembang vanili) sebagai tempat untuk merambat pohon vanili ini.

Setelah semua tajar dipersiapkan denagan jarak 1- 2 meter maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan lobang untuk menanam vanili. Sebaiknya lobang tersebut diberi pupuk kandang terlebih dahulu agar pertumbuhannya maksimal.

Dalam masa pertumbuhan yang perlu diperhatikan adalah senantiasa merawat rumput yang tumbuh disekitar batang vanili, sebab jika tidak segera dibersihkan akan mengganggu kesehatan dan pertumbuhan vanili tersebut.

" Sangatlah penting untuk diperhatikan cara merawat vanili denagn benar sebab jika pertumbuhan vanili tidak benar maka akan berdampak lamanya masa pembuahan "

Rata -rata vanili yang sehat akan siap berbunga dan berbuah dalam masa 3 tahun, dengan cara perawatan yang benar, namun jika dalam perawatan yang kurang maksimal bisa jadi lebih lama lagi.


CARA BUDIDAYA VANILI SECARA MODEREN

Cara ini hampir sama dengan cara budidaya vanili secara tradisional hanya perbedaanya adalah jika cara tradisional butuh lahan cukup luas. namun untuk cara ini dengan lahan sempit pun bisa dibudidayakan, untuk cara moderen ini memang banyak digunakan  dalam pertanian moderen yang bisa diterapkan oleh penduduk perkotaan yang gemar bertani, namun dengan lahan sempit.


Jarak tanam yang bisa diterapkan adalah 0,5 meter pesegi dengan sistem perawatan yang sangat maksimal. pasalnya dengan sistem moderen sangat banyak membutuhkan nutrisi atau pupuk, akibatnya biaya relatif agak lebih mahal dibandingkan dengan budidaya vanili secara tradisional.

Demikian cara budidaya vanili sukses jutaan rupiah, terimaksih sudah berkunjung semoga artikel ini membawa  manfaat dan silahkan baca artikel-artikel lainnya dibertani ini dengan nyaman. Kritik dan saran sangat admin harapkan, salam sukses bertani.

INFO LEBIH LANJUT
SILAHKAN HUBUNGI
NAMA : SITI FATMATUS SYAROFAH
KODE STOKIS: D.1737
TELEPONE\WA: 0822-2000-5350

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA BUDIDAYA VANILI SUKSES JUTAAN RUPIAh"

Posting Komentar